Menu Diet Karbohidrat, Pilihlah Karbohidrat Kompleks


Mungkin Anda bingung menentukan menu diet karbohidrat untuk mendukung program pengurang berat badan Anda. Sebelumnya Anda harus paham bahwa asupan karbohidrat yang ideal adalah 45% sampai 65% dari jumlah total kalori yang dikonsumsi tiap hari. Ini artinya Anda membutuhkan 225-325 gram karbohidrat tiap hari.

Walaupun sering mendapat nama buruk, karbohidrat berperan penting untuk tubuh kita. Ibarat mesin. maka karbohidrat adalah bensin untuk tubuh kita. Dari sanalah energi kita dapatkan. Masalahnya, bagaimana menentukan menu diet karbohidrat yang tepat agar tubuh kita tetap berenergi tanpa menjadi gemuk?

Pilihlah Karbohidrat dengan Bijaksana

Karbohidrat sangat penting dalam menu diet Anda, tetapi tidak semua jenis makanan berkarbohidrat baik untuk Anda. Di bawah ini ada panduan untuk menentukan karbohidrat yang tepat bagi menu diet Anda.

Buah dan Sayur yang Kaya Akan Serat. Pilihlah buah dan sayuran yang segar atau yang beku. Itu lebih baik daripada jus atau versi yang sudah dikeringkan karena memiliki banyak kalori di dalamnya. Yang dalam kaleng pun tak mengapa. Buah dan sayuran segar memiliki lebih banyak gizi dan air yang membuat Anda merasa lebih kenyang dengan asupan kalori lebih sedikit.

Gandum (Whole Grains). Gandum adalah pilihan yang tepat karena itu merupakan sumber gizi dan zat penting lainnya seperti selenium, potasium, dan magnesium. Gandum juga dicerna lebih baik daripada tepung terigu, misalnya.

Produk Susu dengan Lemak Rendah. Susu, keju, yoghurt dan dairy products lainnya merupakan sumber sempurna untuk kalsium dan vitamin, plus banyak lagi vitamin dan mineral. Tapi, pilihlah yang memiliki kadar lemak rendah untuk menjaga asupan kalori dan lemak jenuh yang berbahaya. Hati-hati dengan dairy products yang ditambahkan gula ke dalamnya (added sugar).

Kacang-kacangan. Makanan ini termasuk yang "serba bisa" karena mengandung banyak sekali gizi. Kacang-kacangan mengandung lemak rendah, tanpa kolesterol, dan banyak mengandung folat, potasium, besi, dan magnesium. Kacang-kacangan adalah substitusi yang bagus untuk daging.

Batasi Tambahan Gula. Dalam jumlah sedikit, gula tidak akan memberi masalah terhadap menu diet Anda. Tetapi, tidak ada keuntungan kesehatan dalam mengonsumsi gula dalam jumlah terlalu banyak. Gula hanya akan memberi Anda masalah kesehatan di kemudian hari sekaligus menambah berat badan Anda.

Jadi, tak usah bingung menentukan menu diet karbohidrat. Ikuti saja panduan di atas. Secara singkat, jangan ragu-ragu mengkonsumsi karbohidrat selama itu adalah karbohidrat kompleks seperti tertulis di atas.

sumber gambar: http://blog.innomuslim.com/mengapa-selalu-mengantuk-saat-berpuasa/
thumbnail
Judul: Menu Diet Karbohidrat, Pilihlah Karbohidrat Kompleks
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips Diet :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz