Diet Asam Urat Tinggi

diet asam urat tinggi
Diet asam urat tinggi sangat penting untuk para penderita asam urat. Seperti yang kita tahu, asam urat adalah penyakit yang luar biasa menyakitkan saat kambuh. Tenang saja, penyakit ini bisa dikendalikan dengan diet yang tepat.

Hindari Lapar Berlebih

Diet asam urat tinggi yang baik tidaklah membuat Anda merasa lapar berlebihan karena ini justru bisa memicu asam urat dan mendatangkan rasa sakit yang luar biasa itu. Jadi di antara waktu makan besar, sebaiknya makanlah cemilan yang sehat seperti yoghurt rendah lemak, keju rendah lemak, dan sejenisnya. Buah juga sangat dianjurkan selama itu bukan durian atau alpukat.

Juga harus diperhatikan adalah kondisi kesehatan Anda lainnya. Maksudnya, apakah Anda juga mengidap penyakit yang lain semisal darah tinggi, diabetes, atau gangguan jantung. Penyakit-penyakit tadi biasanya juga diderita oleh penderita asam urat. Itulah sebabnya diet asam urat tinggi yang baik harus disesuaikan dengan kondisi penderita berkaitan dengan kemungkinan penyakit lain yang dideritanya.

Kurangi Berat Badan

Biasanya penderita asam urat mengalami kelebihan berat badan. Mengurangi berat badan secara bertahap melalui diet yang benar dan olahraga teratur sangatlah dianjurkan. Kelebihan berat badan akan meningkatkan produksi asam urat di dalam tubuh dan ini harus dihindari.

Juga harus diingat tentang beberapa jenis makanan yang bisa memicu kambuhnya asam urat. Batasi asupan makanan dengan kandungan purin tinggi seperti daging merah dan makanan laut. Banyaklah minum air putih, buah, dan sayuran segar (selama sayuran yang tidak memicu asam urat seperti bayam, brokoli, kembang kol, jamur, dan asparagus). Ngomong-ngomong, purin adalah zat yang memproduksi asam urat di dalam tubuh.

Batasi asupan protein hewani, dan dapatkan protein dari sayuran dan biji-bijian. Karbohidrat kompleks juga sangat dianjurkan sebagai sumber tenaga yang aman untuk asam urat Anda. Dairy products dengan lemak rendah juga sangat bagus untuk diasup. Alkohol adalah musuh jadi hindari sajalah walau godaan selalu ada :)

Jadi, diet asam urat tinggi bukan berarti Anda harus berhenti makan enak. Yang harus Anda lakukan adalah mengatur seberapa banyak yang harus Anda makan, layaknya sebuah diet yang sehat.
thumbnail
Judul: Diet Asam Urat Tinggi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips Diet :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz