Cara Diet yang Benar, yang Harus Dilakukan

cara diet yang benar
Menurunkan berat badan haruslah dilakukan dengan cara diet yang benar, bukannya dengan diet secara ekstrim ataupun olahraga yang mendadak dilakukan dalam porsi berlebih. Tubuh lebih menyukai perubahan yang perlahan dalam hal pengaturan makanan dan menu olahraga atau latihan. Olahraga yang berat saat Anda sudah lama tidak melakukannya tidaklah dianjurkan. Tidak saja Anda akan merasa kecil hati dan menjadi tidak semangat, Anda juga akan rentan terhadap cedera dan akhirnya malah menurunkan tingkat kebugaran Anda. Hal yang sama juga berlaku jika Anda tiba-tiba saja melakukan diet ekstrim saat Anda tidak terbiasa melakukannya. Diet ekstrim yang secara tiba-tiba membatasi asupan makanan dan kalori bisa menyebabkan Anda kurang gizi dan vitamin yang dibutuhkan. Jadi, apa yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan?

Kebutuhan Energi dan Pengurangan Berat Badan

Tubuh Anda membutuhkan makanan sebagai suplai energi. Tubuh menyimpan kelebihan energi sebagai lemak. Ini artinya jika Anda makan lebih banyak makanan daripada yang dibutuhkan oleh tubuh maka Anda akan menambah berat badan. Untuk mengurangi berat badan, tubuh harus menggunakan kelebihan energi yang sudah disimpan sebagai lemak. Cara efektif untuk melakukan ini adalah:
Mengurangi asupan kalori
Meningkatkan aktivitas fisik
Inilah sebabnya para ahli menyarankan pengurangan berat badan dengan cara diet yang benar dan olahraga teratur.

Lakukan Perubahan Secara Gradual

Perubahan kecil bisa berarti perbedaan yang besar. 1 potong biskuit setiap minggu bisa menambah bobot anda sebanyak 2,3 kg per tahun - kurangi asupan biskuit dalam jumlah yang sama dan Anda akan kehilangan bobot dengan jumlah yang sama. Berpikirlah dalam konteks permanen walaupun tujuan pengurangan berat badan mempunyai target jangka pendek.

Meningkatkan Level Aktivitas

Seseorang yang meningkatkan jumlah olahraganya tapi tetap mempertahankan diet dan asupan kalorinya hampir pasti bisa mengurangi berat badan. Olahraga yang paling ringan pun, seperti jalan cepat selama 20 menit, jika sering dilakukan dalam seminggu akan memberi Anda keuntungan. Setiap Anda berolahraga maka Anda akan membakar lemak sekecil apapun itu. 
Ada banyak cara untuk meningkatkan aktivitas fisik Anda. Olahraga tim, olahraga menggunakan raket, aerobik, lari, berjalan cepat, berenang, dan bersepeda akan meningkatkan level kebugaran Anda.
Temukan olahraga yang Anda sukai dan bisa dilakukan secara mudah dalam jangka waktu panjang. Jadikan sebagai rutinitas hidup Anda dan jangan berhenti melakukannya walaupun Anda sedang berlibur, misalnya.
Parkirlah mobil Anda di tempat yang terjauh dari pintu masuk supermarket saat Anda berbelanja. Sering-seringlah berjalan kaki dalam aktivitas keseharian Anda. Sesekali berjalan di pegunungan atau pantai akan menjadi variasi yang menyenangkan. Jangan terlalu sering menggunakan lift, gunakan tangga seperti yang dilakukan leluhur kita dulu (mereka sangat sehat, kan?)

Lakukan Hal-hal Kecil Dulu.

Jika Anda kelebihan berat badan, jangan lanjutkan kebiasaan makan Anda sekarang. Tidaklah mungkin untuk mengurangi berat badan jika Anda tetap banyak makan, utamanya kue dan makanan manis. Ini bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali makan enak, tapi Anda harus belajar untuk membatasi jenis makanan yang biasa Anda makan. Makan lebih sedikit memaksa tubuh Anda untuk menggunakan kelebihan lemak dan kalori yang tersimpan. Ini tidak berarti Anda harus melakukan crash diet (makan di bawah 1500 kalori) yang bisa membuat Anda merasa lemas. Cukup konsumsi 300 - 500 kalori dengan pilihan menu yang tepat, ini bisa membuat Anda kehilangan 0,5 kg per minggu. Terlihat lambat tapi Anda akan merasakan hasilnya dalam setahun.
Makanan Anda harus mengandung mayoritas protein dan kalori, artinya kurangi makanan berlemak dan manis serta perbanyak roti gandum, buah, dan sayuran.

Tulislah Rencana Anda

Tulislah perubahan yang ingin Anda lakukan. Misalnya:
Minggu 1:
Olahraga: jalan 20 menit tiap jam makan siang
Makanan: tak ada coklat atau biskuit dalam seminggu, pilihlah snack yang sehat seperti buah, hilangkan semua jenis daging, jangan makan gorengan atau fast food.
Buatlah target seperti di atas tiap minggunya.

Sabar dan Teguh

Mungkin butuh beberapa minggu sebelum Anda merasakan perubahan. Setelah 1 bulan Anda akan bisa melihat hasilnya dan mengukurnya dengan cara mencoba pakaian yang selama ini kekecilan. Mudah-mudahan pakaian lama Anda bisa kembali dipakai.
Menjaga motivasi adalah hal yang paling sulit. Akan ada hari-hari saat pola makan sehat terasa menjemukan dan akan ada minggu-minggu saat bobot Anda tidak berkurang. Jangan khawatir, ini adalah hal yang wajar. Lakukan evaluasi jika ini terjadi. Apakah perlu menambah porsi olahraga? Ataukah harus ada perubahan dalam pola diet anda? Mintalah dukungan dari orang-orang terdekat Anda maka tidak akan terasa sulit untuk mengurangi berat badan dengan cara diet yang benar.




thumbnail
Judul: Cara Diet yang Benar, yang Harus Dilakukan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips Diet :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz