Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan
Setelah mendapatkan si buat hati, tiap perempuan pasti ingin tahu cara menurunkan berat badan setelah melahirkan. Ini wajar karena memang sudah dari sananya jika perempuan ingin selalu terlihat cantik (yang salah satu indikatornya adalah berat badan ideal). Adalah wajar berat badan bertambah setelah melahirkan. Namun, bagaimana cara menurunkan berat badan yang benar setelah melahirkan? Jangan membuat kesalahan melakukan ini.

Cara paling efektif menurunkan berat badan setelah melahirkan adalah dengan menyusui. Kalori, kalsium, protein, dan zat lain akan turun secara signifikan dan terbagi dengan sang
bayi. Umumnya, ASI yang dikeluarkan adalah sebanyak 750 cc. Ini setara dengan 200-300 gram berat badan. Tentu penurunan bobot ini terhitung sangat lumayan untuk menurunkan bobot tubuh setelah melahirkan. Jadi, jangan remehkan menyusui.

Olahraga adalah pilihan berikutnya. Namun perlu diingat untuk tidak berolahraga yang berat. Jalan kaki di sekitar rumah sangat dianjurkan. Lakukan ini setelah 40 hari dari kelahiran. Ajaklah bayi Anda sambil memamerkannya pada para tetangga. Ajak juga suami Anda, anggap saja rekreasi murah meriah. 

Pilihan olahraga selain jalan kaki juga mungkin, hanya saja konsultasi dulu dengan dokter Anda. Sebenarnya, kesibukan mengurus bayi pun dapat membuat Anda kehilangan 8-9 kg dalam sebulan. Bahkan menggendong bayi pun sudah membakar cukup banyak kalori.

Bagaimana dengan diet? Ternyata diet sangatlah tidak dianjurkan. Jika Anda diet setelah melahirkan, maka Anda akan kehilangan nutrisi yang justru dibutuhkan oleh bayi. Asupan nutrisi yang dialirkan bersama ASi bisa jadi berkurang drastis.

Komposisi yang seimbang untuk ibu setelah melahirkan adalah:
  • Tinggi karbohidrat untuk menggantikan glukosa yang digunakan dalam membuat laktosa dari ASI
  • Tinggi protein untuk membantu proses pertumbuhan anak, karena dalam pertumbuhannya anak membutuhkan protein
  • Mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada ibu menyusui
  • Mengonsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan asupan serat, vitamin dan mineral


Jadi, cara menurunkan berat badan bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Anda pun bisa...
thumbnail
Judul: Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips Diet :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz