Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes, Apa Saja Pilihannya

makanan sehat untuk penderita diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang bisa dikendalikan dengan pola makan yang tepat. Selain olahraga yang tepat, pemilihan makanan sehat untuk penderita diabetes adalah hal yang penting untuk mengendalikan kadar gula darah Anda. Tetapi, apa maksudnya memilih makanan yang tepat untuk penderita diabetes?

Diabetes dan Tips 1

Karbohidrat memberi dampak yang sangat besar untuk kadar gula darah Anda tetapi Anda tidak harus menghindarinya sama sekali. Anda hanya harus pintar untuk memilih jenis karbohidrat yang tepat. Secara umum, hal yang harus dilakukan adalah membatasi karbohidrat sederhana yang terkandung dalam roti putih, nasi, dan pasta. Begitu juga soda, permen, dan camilan. Sebaliknya, fokuslah pada karbohidrat kompleks berserat tinggi. Karbohidrat kompleks sanggup menjaga kadar gula darah selain memberi energi dan membuat Anda lebih kenyang.

Makanlah makanan dengan Glycemic Index yang cocok. Glycemic Index adalah hitungan yang menunjukkan seberapa cepat makanan diubah menjadi gula di dalam tubuh. Nah, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lama untuk diubah menjadi gula sehingga tidak akan menaikkan kadar gula darah sekaligus membuat Anda lebih kenyang. Pilihlah makanan dengan karakter seperti ini. 

Ada 8 prinsip tentang makanan dengan Glycemic Index rendah yang cocok untuk penderita diabetes:
  • Makanlah sayuran, kacang-kacangan, dan buah segar. 
  • Makanlah biji-bijian yang sesedikit mungkin mengalami pemrosesan di pabrik.
  • Batasi kentang putih produk biji-bijian dari pabrik.
  • Batasi makanan manis.
  • Perbanyak protein.
  • Pilihlah makanan dengan lemak sehat.
  • Makanlah 3 kali sehari dengan 1-2 camilan, jangan tinggalkan sarapan.
  • Makan perlahan2.

Diabetes dan Tips 2: Pintarlah Makan Makanan Manis

Diabetes tidak berarti stop memakan yang manis. Anda masih bisa menikmat dessert yang enak tanpa rasa khawatir. Kuncinya adalah membatasi jumlahnya. Trik untuk mengurangi (bukan menghilangkan) gula adalah:
  • Kurangi jus, soft drink, dan soda.
  • Tambahkan sendiri pemanis. Jangan beli teh yang sudah mengandung gula, belilah yang tawar dan tambahkan sendiri sedikit gula jika Anda mau.
  • Kurangi gula dalam tiap resep yang Anda buat hingga setengahnya.
  • Temukan cara sehat untuk memenuhi kebutuhan Anda akan makanan manis. Misalnya, blenderlah pisang beku sebagai pengganti es krim.
  • Makanlah dessert setengah dari biasanya, setengah lagi ganti saja dengan buah segar.

Diabetes dan Tips 3: Bijaksanalah Memilih Asupan Lemak

Lemak bisa membantu sekaligus membahayakan diet Anda. Penderita diabetes mempunyai resiko penyakit jantung sehingga sangat penting untuk memperhatikan asupan lemak. 

Lemak tidak sehat. Yang paling membahayakan adalah lemat tak jenuh dan lemak trans. Lemak tak jenuh dapat ditemukan pada produk hewani seperti daging merah, telur, dan dairy products. Lemak trans biasanya ditemukan di minyak goreng, berhati-hatilah dengan gorengan mulai sekarang.

Lemak sehat. Lemak jenis ini datang dari tanaman dan ikan serta berbentuk cair di suhu ruangan. Perbanyaklah olive oil, canola oil, dan kacang-kacangan.

Jadi, tak perlu bingung memilih makanan untuk penderita diabetes. Masih banyak pilihan untuk Anda dalam menikmati hidup melalui makanan.

sumber gambar: http://www.bjybj.com/tag/diabetic-diet/
thumbnail
Judul: Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes, Apa Saja Pilihannya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips Diet :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz